... Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan - Kalila Info

Search Suggest

Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan

Manfaat biji nangka untuk kecantikan ternyata sangat banyak. Mulai dari bisa mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit, menghaluskan tekstur kulit,
Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan

Kalilainfo - Nangka merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain buahnya yang bisa dimakan, ternyata biji nangka juga menyimpan berbagai khasiat yang berguna untuk kecantikan. 

Biji nangka kaya akan vitamin C, antioksidan, serta senyawa fenolik dan flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Berbagai riset menunjukkan bahwa ekstrak biji nangka berpotensi sebagai bahan kosmetik alami untuk menjaga kecantikan. 

Manfaat Biji Nangka Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat biji nangka yang paling terkenal adalah untuk mengatasi jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami banyak orang, tidak terkecuali wanita dewasa. 

Biji nangka mengandung antioksidan, seperti asam askorbat, polifenol, dan flavonoid, yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis.

Selain itu, biji nangka juga kaya akan lupeol, sejenis senyawa triterpenoid, yang memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur. Penelitian menemukan bahwa pemberian sediaan gel ekstrak biji nangka secara signifikan mampu mengurangi jumlah jerawat pada wajah.

Kandungan fenolik dan flavonoidnya juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas penyebab inflamasi dan iritasi akibat jerawat. Dengan kemampuannya menghambat bakteri penyebab jerawat dan meredakan iritasi, tak heran bila biji nangka disebut ampuh untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Manfaat Biji Nangka untuk Mencerahkan Kulit

Banyak wanita menginginkan kulit cerah bersinar sebagai bagian dari definisi kecantikan. Ternyata biji nangka juga berguna untuk mencerahkan kulit secara alami. 

Kandungan vitamin C atau asam askorbat pada biji nangka berfungsi sebagai agen pencerah alami yang sangat poten. Vitamin C membantu mensintesis kolagen dan menghambat produksi melanin atau pigmen kulit. 

Hasilnya, kulit akan terlihat lebih cerah, segar, dan berseri. Selain itu, kombinasi antioksidan vitamin C, fenolik dan flavonoid juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sehingga mencegah timbulnya noda hitam. 

Efektivitas biji nangka untuk mencerahkan kulit telah dibuktikan melalui penelitian. Diketahui ekstrak biji nangka mampu menurunkan kadar melanin kulit secara in vitro maupun in vivo.

Manfaat Biji Nangka untuk Menghaluskan Kulit

Tidak hanya fleksibelitas dan kekenyalan, tekstur halus juga menjadi dambaan semua wanita saat menginginkan kulit cantik. Ternyata manfaat biji nangka juga mencakup untuk menghaluskan kulit. 

Senyawa fenolik seperti asam galat dan asam ellagic pada biji nangka telah terbukti memiliki kemampuan mendorong regenerasi sel-sel kulit baru. Dengan regenerasi kulit yang lebih cepat, sel-sel kulit mati akan mudah terkelupas dan digantikan dengan sel-sel baru. 

Akibatnya, tekstur kulit akan tampak lebih halus dan terlihat lebih muda. Selain itu, kandungan asam lemak essensialnya juga membantu melembabkan dan melindungi lapisan kulit agar tetap halus dan kenyal. 

Secara klinis, pemakaian sediaan krim dari ekstrak biji nangka terbukti mampu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah hingga 19,7% dalam waktu 56 hari. Ini menandakan bahwa biji nangka sangat efektif untuk menghaluskan tekstur kulit.

Manfaat Biji Nangka untuk Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah mulai kehilangan elastisitas dan mulai mengendur atau kurang kencang. Sebenarnya manfaat biji nangka juga mencakup untuk mengatasi masalah kulit kendur. 

Biji nangka mengandung asam oleat, linoleat, stearat dan palmitat yang termasuk dalam kategori asam lemak esensial. Asam lemak ini diperlukan oleh kulit untuk menjaga elastisitas dan mencegah terjadinya kulit kendor. 

Selain itu, antioksidan vitamin C dan senyawa fenolik juga berperan dalam merangsang produksi kolagen yang menjaga kulit tetap kencang. Dengan meningkatkan kandungan kolagen dan elastin, biji nangka terbukti mampu mengencangkan kulit wajah secara signifikan. 

Pada penelitian dengan pemberian ekstrak biji nangka secara topikal, tampak peningkatan elastisitas kulit wajah hingga 90% dalam waktu 2 bulan pemakaian secara rutin.

Manfaat Biji Nangka sebagai Penyamak Kulit 

Saat musim panas, kulit perlu perlindungan ekstra agar terhindar dari sengatan sinar UV berbahaya yang bisa memicu kanker kulit. Salah satu cara yang direkomendasikan untuk melindungi kulit adalah dengan menyamakan kulit. 

Ternyata biji nangka juga bermanfaat untuk dijadikan bahan penyamak alami. Kandungan vitamin C dan antioksidannya membantu mempercepat proses penyamakan diri kulit saat terpapar sinar UV sehingga kulit lebih siap menghadapi intensitas sinar matahari yang tinggi.

Selain sebagai penyamak alami, antioksidan dalam biji nangka juga berfungsi sebagai fotoprotektor untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Dengan begitu, resiko terbakar matahari dan kanker kulit bisa dicegah. Jadi, manfaat biji nangka tidak hanya untuk kecantikan tapi juga untuk kesehatan kulit.

Manfaat Lain Biji Nangka untuk Kecantikan

Di samping berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, biji nangka juga menyimpan manfaat lain untuk kecantikan, seperti:

1. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata

Senyawa fenolik dalam biji nangka membantu mengurangi pigmentasi kulit sehingga berguna untuk memudarkan lingkaran hitam yang membuat wajah tampak lelah.

2. Mengobati luka bakar

Biji nangka kaya antioksidan yang mampu mempercepat penyembuhan luka bakar. Oleskan langsung getah dari biji nangka untuk meredakan nyeri dan percepat penyembuhan.

3. Merawat rambut rusak

Minyak biji nangka mengandung vitamin E, asam lemak esensial, dan antioksidan yang melembabkan serta memperbaiki rambut kering dan rusak agar tampak sehat dan berkilau.

4. Menghilangkan bau badan

Minyak dan getah biji nangka mampu menghilangkan bau badan dan kaki agar tubuh terasa segar sepanjang hari. Oleskan langsung ke ketiak dan telapak kaki.

5. Mengatasi sengatan matahari

Getah dari biji nangka sangat efektif untuk meredakan eritema atau kemerahan serta mengurangi rasa terbakar pada kulit setelah terkena sengatan sinar UV yang berlebihan.

Cara Pemakaian Biji Nangka untuk Perawatan Kecantikan

Agar manfaat biji nangka dapat maksimal, ada beberapa tips dalam menggunakannya untuk perawatan kecantikan, yaitu:

  1. Biji nangka bisa langsung dihancurkan kemudian dicampur bahan lain seperti madu untuk digunakan sebagai masker wajah alami. Diamkan 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.
  2. Ekstrak atau minyak biji nangka (dipanen dari proses pengepresan biji) bisa ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit seperti krim maupun scrub untuk mensinergikan manfaatnya.
  3. Konsumsi biji nangka secara langsung juga penting karena kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa fitonutriennya bisa diabsorpsi ke dalam tubuh untuk perawatan kecantikan dari dalam. Biji nangka bisa dibuat jus, smoothies, atau dimakan langsung.
  4. Untuk area tubuh seperti ketiak dan telapak kaki, oleskan langsung getah atau minyak biji nangka lalu bilas dengan air setelah 15-30 menit.
  5. Jadikan biji nangka sebagai bahan utama scrub alami dengan mencampurkan biji nangka kering yang telah dihaluskan bersama gula dan madu. Gunakan scrub 1-2 kali dalam seminggu. 

Dengan rutin memanfaatkan biji nangka untuk perawatan, dapat terlihat perubahan signifikan pada kulit wajah maupun tubuh hanya dalam beberapa minggu pemakaian.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai berbagai manfaat biji nangka untuk kecantikan berdasarkan fakta ilmiah dan temuan penelitian terkini. Biji nangka terbukti aman dan sangat efektif menjaga kesehatan, kecantikan dan anti-penuaan kulit.

Tak hanya bagus sebagai masker wajah alami, biji nangka juga bisa diolah menjadi bahan aktif dalam sediaan kosmetik modern untuk perawatan wajah maupun tubuh. Kandungan vitamin, antioksidan, dan senyawa bioaktif lainnya pada biji nangka memberikan manfaat secara menyeluruh untuk merawat kecantikan kulit.

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya