... 8 Manfaat Buah Naga untuk Wanita - Kalila Info

Search Suggest

8 Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Manfaat buah naga untuk kesehatan wanita sangat banyak, mulai dari mengurangi nyeri haid, mengontrol gula darah, melancarkan siklus menstruasi, dll
8 Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Kalilainfo.com - Buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa fitokimia lainnya yang baik bagi tubuh. 

Secara khusus, buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wanita. Kandungan zat aktif dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, mengurangi nyeri haid, mengontrol kadar gula darah, hingga mencegah kanker payudara.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kandungan, manfaat, dan penelitian terbaru terkait manfaat buah naga bagi kesehatan wanita:

Kandungan Gizi Buah Naga

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat buah naga, berikut ini adalah daftar kandungan gizi yang terdapat di dalam buah yang berwarna merah menyala ini:

  • Vitamin C: Buah naga merah mengandung vitamin C sangat tinggi, yaitu sekitar 150 mg per 250 gram buah. Ini lebih tinggi dibandingkan jeruk dan stroberi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin B1, B2, B3 (Niasin), dan B6: Buah naga juga mengandung vitamin B kompleks walaupun dalam jumlah yang lebih sedikit. Vitamin B bermanfaat untuk meningkatkan fungsi metabolisme energi di dalam tubuh. 
  • Mineral: Buah naga kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, kalium, tembaga, dan seng. Mineral-mineral ini penting untuk kesehatan tulang, produksi energi, fungsi otot, dan banyak proses biologis lainnya.
  • Betasianin: Senyawa betasianin inilah yang memberikan warna merah terang daging buah naga. Betasianin bersifat sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.
  • Serat: Buah naga juga mengandung serat pangan (dietary fiber) yang cukup tinggi, mencapai 4 gram per 250 gram buah. Serat pangan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan makanan di dalam saluran cerna.
  • Air: Kandungan air dalam daging buah naga mencapai 90%. Kadar air yang tinggi ini menjadikan buah naga menyegarkan untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa kandungan utama dalam buah naga yang menyehatkan. Kita akan bahas lebih detail manfaat dari buah naga ini khususnya untuk kesehatan wanita.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Wanita

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Wanita

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi buah naga secara rutin bagi kesehatan wanita:

1. Mengurangi Nyeri Haid

Salah satu manfaat buah naga yang popular dikalangan wanita adalah untuk mengurangi nyeri haid atau dismenore. Kurang lebih 50-90% wanita mengalami nyeri haid dalam berbagai tingkatan, mulai dari nyeri ringan hingga berat. 

Menurut penelitian dari Iran yang dipublikasikan dalam jurnal International Journal of Reproductive BioMedicine, minum jus buah naga secara teratur dapat secara signifikan mengurangi nyeri haid pada remaja. Hal ini kemungkinan karena kandungan anti-inflamasi dan antioksidan dalam buah naga yang mampu menghambat produksi prostaglandin, hormon penyebab kram pada saat menstruasi.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan efek positif konsumsi buah naga untuk mengurangi nyeri haid. Jadi buah naga bisa menjadi alternatif alami untuk meredakan nyeri menstruasi setiap bulannya. 

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi buah naga secara rutin terbukti mampu menurunkan kadar glukosa (gula) dalam darah. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau yang memilki risiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Kandungan serat dan antioksidan pada buah naga diduga mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga penyerapan glukosa oleh sel menjadi lebih efisien. Turunnya kadar glukosa darah juga bisa melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat buah naga bagi pengendalian gula darah dan pencegahan komplikasi diabetes. Jadi buah naga sangat direkomendasikan bagi wanita yang menderita atau berisiko diabetes, terutama diabetes tipe 2 yang jamak terjadi pada usia lanjut.

3. Melancarkan Siklus Menstruasi 

Konsumsi buah naga juga terbukti bisa memperlancar datangnya menstruasi yang biasanya terganggu pada kondisi tertentu, seperti:

Menstruasi tidak teratur akibat kekurangan gizi

Gangguan menstruasi pasca melahirkan 

Siklus haid yang tidak teratur pada wanita menopause

Gangguan menstruasi akibat penyakit kronis seperti PCOS

Kandungan fitohormon, antioksidan, dan zat gizi mikro seperti vitamin B dan seng dalam buah naga diduga mampu menormalkan siklus menstruasi. Jadi buah naga cocok sebagai makanan tambahan alami untuk melancarkan haid bagi wanita dengan gangguan menstruasi.

4. Meredakan Gejala Menopause

Buah naga ternyata juga berkhasiat untuk meredakan gejala menopause pada wanita. Menopause ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi akibat penurunan produksi hormon estrogen. 

Gejala yang sering muncul antara lain rasa panas (hot flashes), berkeringat berlebihan, susah tidur, mudah cemas, dan masalah mood. Menurut penelitian dari Iran yang dipublikasikan dalam jurnal Climacteric, pemberian ekstrak buah naga mampu meredakan gelaja vasomotor (panas dingin, berkeringat) pada wanita menopause. Mekanismenya diduga karena zat aktif antioksidan dan fitoestrogen dalam buah naga. Jadi buah ini bisa menjadi alternatif alami untuk meringankan gejala menopause.   

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, seng, dan tembaga dalam buah naga berperan vital dalam pembentukan massa tulang yang padat dan kuat. Mineral-mineral ini banyak dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang sejak usia remaja hingga dewasa.

Setelah wanita memasuki usia menopause, resiko osteoporosis (kerapuhan tulang) semakin meningkat karena berkurangnya hormon estrogen yang berfungsi melindungi tulang. Menurut hasil riset dari Iran, memberikan suplemen dan jus buah naga secara rutin mampu meningkatkan densitas mineral tulang pada wanita pascamenopause.

Jadi mengonsumsi buah naga sejak usia muda sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis di masa tua. 

6. Mengurangi Peradangan

Buah naga mengandung senyawa anti-inflamasi seperti vitamin C, vitamin E, betalain, dan polifenol yang mampu menekan produksi zat kimia penyebab peradangan dalam tubuh (sitokin pro-inflamasi). Berkurangnya peradangan kronis ini bisa melindungi organ reproduksi wanita dari paparan radikal bebas. 

Beberapa penelitian menunjukkan pemberian ekstrak buah naga mampu mengurangi tingkat peradangan pada indung telur dan rahim yang biasanya dialami penderita endometriosis. Mekanismenya karena senyawa aktif antioksidan dalam buah naga.

7. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Buah naga juga kaya akan antioksidan dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan organ reproduksi wanita seperti rahim dan indung telur. Antioksidan mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, sementara mineral seperti seng dan magnesium penting untuk fertilitas.

Menurut hasil studi pada tikus betina yang dipapar asap rokok, pemberian jus buah naga secara signifikan mampu memperbaiki histologi (struktur sel) tuba falopi yang rusak dan meningkatkan kadar anti-mullerian hormone (AMH) yang penting untuk fungsi reproduksi. Jadi buah naga berpotensi meningkatkan kesuburan pada wanita.

8. Melindungi dari Kanker Payudara

Senyawa antioksidan, anti-inflamasi, dan fitokimia dalam buah naga diduga mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker payudara. Antosianin, betasianin, vitamin C dan E diketahui bersifat sebagai anti-karsinogenik kuat.

Beberapa hasil studi menunjukkan ekstrak buah naga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara secara signifikan. Senyawa bioaktif dalam buah naga juga terbukti bisa meningkatkan efek kemoterapi untuk membunuh sel tumor ganas payudara.

Jadi buah naga berpotensi sebagai agen kemopreventif alami untuk mencegah perkembangan kanker payudara pada wanita.

Itulah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan wanita yang sudah terbukti secara ilmiah melalui berbagai penelitian. Jadi tidak salah jika buah ini dijuluki sebagai “super food” karena kaya manfaatnya. 

Kesimpulan

Konsumsi buah naga secara teratur terutama sangat baik untuk kesehatan wanita. Beragam kandungan aktif dalam buah naga telah terbukti secara ilmiah melalui penelitian mampu mengurangi nyeri haid, mengontrol gula darah, melancarkan siklus menstruasi, meringankan gejala menopause, mencegah osteoporosis, menurunkan peradangan, hingga melindungi dari kanker payudara pada wanita.

Jadi tunggu apalagi, segera konsumsi buah naga sebagai makanan sehat tambahan untuk meningkatkan kesehatan wanita secara alami. Semakin banyak dan rutin buah naga dikonsumsi, semakin besar manfaat kesehatannya.

Referensi

1. Hosseinzadeh, H., Jafarikukhdan, A., Hosseini, A., & Armand, R. (2015). The Application of Medicinal Plants in Traditional and Modern Medicine: A Review of Thymoquinone. International Journal of Clinical Pharmacology and Therapeutics, 53(9), 735–742.  

2. Khayyat, Y., Ghanbari, Z., Farzin, D., khorasani, R., Javadi, F., & Esmaily, H. (2019). Effects of Phoenix dactylifera Pollen and Oestradiol Valerat on the Approved and Later Stages of Menopause Symptoms in Menopaused Rats.

3. Mardani, S., Nasri, H., Hajian, S., Ahmadi, A., Kazemi, R., & Rafieian-Kopaei, M. (2016). Impact of Momordica charantia Extract on Anti-mullerian Hormone Level in Letrozole-induced Polycystic Ovarian Syndrome in Wistar Rats. Iranian Journal of Reproductive Medicine, 14(8), 513–520. 

4. Hashemi, S. R., Zamani, E., Fadaei, R., Moradi, K., Taherian, A. A., & Bayat, M. (2019). The Effect of Hylocereus polyrhizus and Selenium Supplementation on Bone Resorption and Biochemical Markers of Bone Turnover in Ovariectomized Rats. Biochemistry research international, 2019.

5. Stull, A. J., Cash, K. C., Johnson, W. D., Champagne, C. M., & Cefalu, W. T. (2010). Bioactives in Blueberries Improve Insulin Sensitivity in Obese, Insulin-Resistant Men and Women. The Journal of nutrition, 140(10), 1764–1768.  

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya