... 20 Obat Batuk Alami dan Aman untuk Ibu Menyusui - Kalila Info

Search Suggest

20 Obat Batuk Alami dan Aman untuk Ibu Menyusui

Batuk saat menyusui sangat mengganggu. Simak rekomendasi 20 obat batuk alami dan aman yang terbukti ampuh tanpa efek samping untuk ibu menyusui.
20 Obat Batuk Alami dan Aman untuk Ibu Menyusui

Kalilainfo.com - Batuk merupakan gejala umum yang sering dialami oleh ibu menyusui. Batuk yang berkepanjangan dapat mengganggu proses menyusui dan juga berisiko menularkan penyakit kepada bayi. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk segera mengobati batuk yang dialami. 

Namun, ibu menyusui perlu berhati-hati dalam memilih obat batuk karena beberapa jenis obat batuk dapat masuk ke dalam ASI dan membahayakan bayi. Untungnya, ada beberapa obat batuk alami yang aman digunakan untuk ibu menyusui. Berikut 20 obat batuk alami dan aman untuk ibu menyusui.

1. Madu

Madu merupakan obat batuk alami yang sangat aman digunakan oleh ibu menyusui. Madu mengandung pereda batuk alami dan dapat melegakan iritasi tenggorokan. Cara penggunaan madu adalah dengan menambahkannya ke dalam teh atau air hangat. Gunakan 1-2 sendok makan madu untuk 1 gelas air hangat. Minum 2-3 kali sehari. Mengonsumsi madu juga dapat memperkuat daya tahan tubuh ibu menyusui sehingga lebih cepat pulih dari batuk.

2. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C pada lemon juga bersifat antibakteri dan antivirus sehingga dapat melawan infeksi penyebab batuk. Cara penggunaannya adalah dengan memeras air lemon ke dalam segelas air hangat, tambahkan madu jika perlu. Minum air lemon hangat ini 2-3 kali sehari.

3. Jahe

Jahe memiliki senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang dapat meredakan batuk. Caranya dengan merebus jahe dalam air mendidih, kemudian minum air rebusannya 2 kali sehari. Jahe juga dapat dicampurkan ke dalam madu dan lemon untuk meningkatkan khasiatnya.

4. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa allicin dan ajoene yang berkhasiat sebagai antibiotik alami. Hal ini dapat membantu melawan infeksi penyebab batuk. Konsumsi bawang putih mentah atau rebus sebanyak 2-3 siung sehari. Bawang putih juga bisa ditumis dengan madu.

5. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Hal ini dapat meredakan radang atau iritasi tenggorokan akibat batuk. Buat jus kunyit dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit bubuk ke dalam 1 gelas air hangat. Minum 2 kali sehari.

6. Jeruk Nipis

Vitamin C dalam jeruk nipis dapat memperkuat daya tahan tubuh dan bersifat antibakteri. Caranya dengan memeras air 1 buah jeruk nipis, tambahkan madu dan minum 2-3 kali sehari. Bisa juga dengan berkumur air jeruk nipis setiap pagi dan malam.

7. Daun Mint

Daun mint mengandung mentol yang dapat menenangkan tenggorokan gatal akibat batuk. Caranya dengan merebus daun mint dalam air mendidih lalu minum airnya 2-3 kali sehari. Bisa juga mengompres leher dengan air rebusan daun mint.

8. Kunyah Gula Aren

Mengunyah gula aren dapat meredakan tenggorokan kering dan gatal akibat batuk. Selain itu, mengkonsumsi gula aren juga bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

9. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung mineral dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh saat sakit. Minum air kelapa muda hangat dapat menghidrasi tubuh dan meredakan batuk kering pada ibu menyusui.

10. Daun Sirih

Daun sirih mengandung senyawa flavonoid, tanin, dan minyak atsiri yang berkhasiat sebagai antibakteri alami. Rebusan daun sirih dapat diminum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk. 

11. Kayu Manis

Kayu manis mengandung senyawa sinamaldehida yang berfungsi sebagai pereda batuk alami. Cara penggunaannya dengan merebus kayu manis dalam air, kemudian minum air rebusannya 2-3 kali sehari.

12. Alpukat 

Alpukat kaya akan vitamin B dan C yang baik untuk menyembuhkan batuk. Konsumsi langsung buah alpukat atau diolah menjadi jus alpukat dicampur dengan madu.

13. Kencur 

Rimpang kencur dipercaya berkhasiat sebagai pereda batuk dan bersifat antibakteri alami. Tambahkan irisan kencur pada teh atau air hangat dan minum sehari sekali.

14. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat antibakteri yang baik untuk merawat saluran pernapasan. Ambil gel lidah buaya dan oleskan pada leher luar 2 kali sehari.

15. Pepaya 

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat meredakan radang dan batuk. Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus untuk diminum 2 kali sehari.

16. Teh Herbal 

Teh herbal seperti teh chamomile, lemon, atau peppermint dapat melegakan saluran napas dan meredakan batuk. Diminum 2-3 kali sehari.

17. Tomat 

Tomat kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang baik untuk membantu mengobati batuk. Bisa langsung dimakan atau diolah menjadi jus tomat.

18. Anggur 

Anggur mengandung berbagai zat antioksidan dan polifenol yang dapat menyembuhkan peradangan pada saluran napas dan meredakan gejala batuk. Anggur bisa langsung dimakan atau diolah menjadi jus.

19. Kapulaga 

Kapulaga mengandung antiinflamasi alami yang dapat mengobati batuk berdahak. Secara tradisional, kapulaga sering dicampur dalam jamu atau wedang jahe untuk meredakan batuk.

20. Telur 

Kuning telur mengandung protein dan fosfolipid yang melapisi tenggorokan dan meredakan batuk. Minum setengah butir telur ayam kampung yang mentah per hari.

Kesimpulan

Obat batuk alami di atas aman digunakan oleh ibu menyusui karena kandungan dan manfaatnya yang sangat minim masuk ke dalam ASI. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat batuk apapun agar benar-benar aman untuk ibu dan bayi. 

Selalu pertimbangkan manfaat dan risikonya sebelum mengonsumsi obat-obatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk ibu menyusui yang sedang mencari obat batuk alami dan aman.

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya