... Waspada Lonjakan Kasus COVID-19, Kemenkes Instruksikan Peningkatan Kewaspadaan - Kalila Info

Search Suggest

Waspada Lonjakan Kasus COVID-19, Kemenkes Instruksikan Peningkatan Kewaspadaan

Kasus COVID-19 di Indonesia kembali menunjukkan peningkatan tren, didominasi subvarian Omicron EG.5. Kemenkes mengeluarkan imbauan waspada lonjakan
Waspada Lonjakan Kasus COVID-19, Kemenkes Instruksikan Peningkatan Kewaspadaan

kalilainfo.com - Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia kembali menunjukkan tren peningkatan. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan pun mengeluarkan imbauan waspada kepada berbagai pihak menyikapi kenaikan kasus yang berpotensi terjadi pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mendatang

Kasus COVID-19 di Indonesia Meningkat, Didominasi Subvarian EG.5

Kasus COVID-19 di Indonesia belakangan menunjukkan peningkatan tren sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023. Peningkatan ini didominasi oleh subvarian Omicron EG.5 yang masuk kategori variants of interest. 

Subvarian ini diketahui memiliki mutasi yang memengaruhi karakteristik virus, antara lain menyebabkan peningkatan kasus serta mampu menghindari kekebalan tubuh sehingga lebih mudah menginfeksi. Meski demikian, subvarian ini tidak menyebabkan peningkatan tingkat keparahan penyakit.

Mobilisasi Libur Natal dan Tahun Baru Berpotensi Picu Lonjakan Kasus

Meningkatnya kasus COVID-19 ini berpotensi memicu lonjakan kasus pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mendatang karena adanya mobilisasi masyarakat yang tinggi.

Untuk mencegah hal tersebut, Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus COVID-19 kepada dinas kesehatan daerah, fasilitas kesehatan, laboratorium, dan pemangku kepentingan terkait.

Berbagai Imbauan untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Dalam surat edarannya, Kemenkes menimbau berbagai pihak untuk senantiasa memantau perkembangan kasus COVID-19 melalui kanal-kanal resmi. Selain itu, fasilitas kesehatan juga diminta untuk melakukan penemuan dan pemeriksaan kasus secara aktif, serta memastikan ketersediaan vaksin COVID-19.

Kemenkes berharap upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini dapat dilakukan bersama-sama oleh seluruh pemangku kepentingan. Dengan begitu, lonjakan kasus pada libur akhir tahun dapat dicegah atau setidaknya diminimalisasi dampaknya.

Sumber : https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231213/3544440/waspada-kasus-covid-19-melonjak-kemenkes-instruksikan-pemda-dan-faskes-siap-siaga/

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya