... Pendiri JD.COM Memanggil Perubahan dalam Perusahaan - Kalila Info

Search Suggest

Pendiri JD.COM Memanggil Perubahan dalam Perusahaan

Richard Liu, pendiri JD.com Inc, baru-baru ini mengeluarkan memo internal yang mendesak stafnya untuk mengatasi masalah mendasar dalam perusahaan

Pendiri JD.COM Memanggil Perubahan dalam Perusahaan

Kalilainfo.com - Richard Liu, pendiri JD.com Inc, baru-baru ini mengeluarkan memo internal yang mendesak stafnya untuk mengatasi masalah mendasar dalam perusahaan e-commerce tersebut. Memo ini menyerupai panggilan untuk berubah yang dikeluarkan oleh Jack Ma, pendiri Alibaba Group Holding Ltd, pada bulan sebelumnya.

Liu merespons postingan seorang karyawan JD.com di forum internal perusahaan. Karyawan tersebut menyampaikan berbagai masalah mulai dari dukungan pedagang yang buruk hingga daftar barang dengan harga yang terlalu mahal. Liu setuju dengan penilaian karyawan tersebut dan memanggil perubahan.

Masalah yang Dihadapi JD.com

Beberapa masalah utama yang dihadapi JD.com menurut Liu dan karyawannya antara lain:

  • Dukungan pedagang yang buruk
  • Daftar barang dengan harga terlalu tinggi 
  • Pertumbuhan yang lambat di tengah perlambatan ekonomi Tiongkok
  • Tertinggal dari pesaing e-commerce yang lebih baru seperti PDD dan Douyin

"Kami sering mengatakan bahwa dalam pertempuran kita seharusnya menjadi yang pertama, tetapi kita selalu defensif dan tidak pernah memikirkan bagaimana mengambil inisiatif!" tulis Liu.

Panggilan untuk Berubah

Liu menyerukan perubahan signifikan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Ia mengakui bahwa setiap kata dari karyawan itu "mengenai titik sakit perusahaan, mereka semua masalah yang ada. Kita perlu berubah, atau tidak ada jalan keluar bagi perusahaan kita."

JD.com tengah menerapkan diskon dan harga lebih rendah untuk membalikkan tren di saat konsumen memangkas belanja barang mahal. Namun, pertumbuhan tetap lemah karena Tiongkok berjuang pulih dari pandemi.

Liu dan Ma, yang merupakan miliarder dan figur top di industri e-commerce Tiongkok, kini menyerukan perubahan besar di perusahaan mereka di tengah meningkatnya persaingan dari pendatang baru seperti PDD dan Douyin. Apakah JD.com dan Alibaba mampu beradaptasi dan bertahan, masih menjadi tanda tanya.

Sumber :  https://www.businessoffashion.com/news/china

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya