... Harta Kekayaan Prajogo Pangestu Terus Melonjak, Kini Menjadi Orang Terkaya ke-24 Dunia - Kalila Info

Search Suggest

Harta Kekayaan Prajogo Pangestu Terus Melonjak, Kini Menjadi Orang Terkaya ke-24 Dunia

Prajogo Pangestu resmi jadi orang Indonesia terkaya di urutan pertama dengan total kekayaan USD 54,4 miliar. Ia juga masuk daftar orang terkaya ke-24
Harta Kekayaan Prajogo Pangestu Terus Melonjak, Kini Menjadi Orang Terkaya ke-24 Dunia

Kalilainfo.com - Prajogo Pangestu kini resmi menjadi orang Indonesia terkaya di urutan pertama, bahkan ia juga masuk dalam jajaran orang terkaya ke-24 di dunia versi Majalah Bloomberg. Total kekayaan bersih Prajogo Pangestu diperkirakan mencapai USD 54,4 miliar atau setara dengan Rp847,17 triliun (kurs USD 1 = Rp 15.573 per 11 Desember 2023). 

Kekayaan luar biasa yang disandang Prajogo Pangestu ini melampaui total kekayaan dari CEO Binance Changpeng Zhao, Pendiri Alibaba Jack Ma, bahkan juga Susanne Klatten yang merupakan pengusaha sekaligus pewaris saham BMW.

Profil Singkat Prajogo Pangestu

Sebelum menjadi orang terkaya di Indonesia, siapa sebenarnya Prajogo Pangestu? Berikut profil singkatnya:

  • Nama lengkap: Prajogo Pangestu
  • Tempat & Tanggal Lahir: Sambas, Kalimantan Barat, 15 Agustus 1962
  • Pendidikan: Sarjana Teknik Kimia dari ITB Bandung (1986)
  • Pekerjaan: Pengusaha, Pendiri Barito Pacific Group

Prajogo Pangestu merupakan putra dari pasangan Oei Wie Gwan dan Djuwita Pangestu yang lahir di Sambas, Kalimantan Barat. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.  

Setelah lulus SMA di Bandung, Prajogo melanjutkan pendidikan di Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan berhasil meraih gelar Sarjana Teknik Kimianya pada 1986.

Kiprahnya di dunia bisnis dimulai sejak masih duduk di bangku kuliah. Ia membantu orang tuanya mengelola perusahaan-perusahaan di bawah naungan Barito Pacific Group. 

Pada 1987, di usianya yang masih 25 tahun, Prajogo diangkat menjadi Direktur PT Chandra Asri, perusahaan petrokimia milik keluarga. Berkat kerja keras dan dedikasinya selama puluhan tahun membangun bisnis keluarga, kini Prajogo resmi menyandang status orang terkaya di Indonesia.

Harta Kekayaan Prajogo Pangestu Tembus USD 54,4 Miliar 

Lantas, dari mana sumber kekayaan Prajogo Pangestu berasal? Berikut penjelasannya:

1. Saham di Perusahaan Keluarga

Prajogo Pangestu adalah penerus keluarga yang kini mengendalikan Barito Pacific Group, grup usaha di bidang energi, petrokimia, kehutanan dan perkebunan. 

Beberapa perusahaan besar yang dimiliki antara lain:

  • PT Barito Pacific Tbk (BRPT)
  • PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) 
  • PT Tri Polyta Indonesia Tbk (POLY)

Selain itu, Prajogo juga memiliki saham mayoritas di PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) yang bergerak di sektor energi terbarukan. 

Harga saham BREN melonjak tajam pada 2023, bahkan sempat menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

2. Anak Usaha Barito Pacific

Grup Barito Pacific yang dikendalikan Prajogo memiliki banyak anak usaha di sektor energi, kehutanan, properti dan perkebunan. 

Beberapa di antaranya adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), PT Tri Polyta Indonesia Tbk (POLY), dan PT Alam Tri Abadi (ATA).

3. Investasi di Perusahaan Ternama Lainnya 

Selain mengendalikan grup usahanya sendiri, Prajogo juga dikenal sering melakukan investasi strategis di sejumlah perusahaan ternama Indonesia lainnya. 

Sebut saja PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD), hingga PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO).

Investasi di sejumlah perusahaan blue chip inilah yang turut mengerek kekayaan Prajogo Pangestu hingga melonjak drastis beberapa tahun belakangan.

Fakta Menarik Prajogo Pangestu

Berikut beberapa fakta menarik seputar sosok Prajogo Pangestu:

1. Sosok Pengusaha Visioner

Meski terlahir dari keluarga konglomerat, Prajogo dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan visioner. Ia mampu mengembangkan grup usaha keluarga menjadi jauh lebih besar.

Prajogo juga salah satu pioneer pengusaha Indonesia yang menaruh minat besar di sektor energi terbarukan dan petrokimia hijau.

2. Kolektor Barang Antik dan Seni

Di balik kesibukannya mengurus bisnis, Prajogo juga memiliki hobi mengoleksi barang antik dan seni. Koleksinya didominasi lukisan, patung, dan furniture klasik Eropa. 

Beberapa koleksinya pernah dipamerkan dalam sejumlah pameran seni di dalam maupun luar negeri.

3. Pemilik Tim Sepakbola

Pada 2022 lalu, Prajogo Pangestu dikabarkan tengah menjajaki kepemilikan saham dari klub sepak bola ternama Eropa, Inter Milan. 

Sayang proses akuisisi tersebut akhirnya ditarik karena ada masalah data keuangan. Namun hingga kini, isu Prajogo membeli klub bola Eropa masih kerap mencuat.  

4. Keluarga Kaya Raya Keturunan Tionghoa

Prajogo Pangestu merupakan keturunan Tionghoa generasi ke-2 yang lahir dan menetap di Indonesia. Kakek dan neneknya merupakan imigran Tionghoa yang hijrah ke Kalbar pada 1930-1940an.

Ayah Prajogo, Oei Wie Gwan adalah salah satu pengusaha sukses Tionghoa di era Orde Baru. Ia meninggal di Singapura pada 1999 dalam usia 80 tahun.

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2023

Adapun, berikut ini daftar 10 orang terkaya di Indonesia per Desember 2023 versi Majalah Forbes:

  • Prajogo Pangestu - USD 54,4 miliar 
  • Low Tuck Kwong - USD 27 miliar
  • Budi Hartono - USD 21,2 miliar  
  • Michael Hartono - USD 20,1 miliar
  • Anthoni Salim - USD 9,92 miliar
  • Susanto Oetoro - USD 9,35 miliar
  • Eka Tjipta Widjaja - USD 9,21 miliar
  • Sri Prakash - USD 7,36 miliar
  • Putera Sampoerna - USD 6,80 miliar
  • Teddy Rachmat - USD 3,90 miliar

Dari daftar di atas, terlihat bahwa kekayaan Prajogo Pangestu jauh melampaui orang terkaya lainnya di Indonesia. Ia bahkan mampu menyalip bos Sinar Mas Grup, Eka Tjipta Widjaja yang sebelumnya konsisten bertengger di peringkat 5 besar orang terkaya Indonesia.

Dengan total kekayaan lebih dari USD 54 miliar, wajar saja jika kini Prajogo resmi disebut-sebut sebagai raja baru dari kerajaan bisnis Indonesia.

Sumber Kekayaan Prajogo Pangestu berasal dari Mana?

Sebagai orang terkaya di Indonesia dan terkaya ke-24 di dunia, tentu banyak yang penasaran dari mana sumber kekayaan Prajogo Pangestu berasal. 

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, setidaknya ada 3 sumber utama kekayaan Prajogo Pangestu, yaitu:

1. Saham di Grup Perusahaan Barito Pacific

Sumber kekayaan utama Prajogo Pangestu berasal dari saham yang dimilikinya di grup perusahaan Barito Pacific dan anak-anak perusahaannya. 

Beberapa perusahaan di bawah grup Barito Pacific antara lain:

  • PT Barito Pacific Tbk (BRPT)
  • PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)  
  • PT Tri Polyta Indonesia Tbk (POLY)
  • PT Alam Tri Abadi (ATA)

Pada 2022, penguatan harga saham BRPT dan TPIA yang signifikan turut mengerek total kekayaan Prajogo Pangestu secara drastis.

BRPT sempat mencetak return saham tertinggi sepanjang masa di Bursa Efek Indonesia (BEI), melesat hingga 700% sepanjang 2022!

Sementara TPIA yang bergerak di sektor petrokimia juga terdongkrak signifikan berkat kenaikan harga komoditas dunia.

2. Kepemilikan Saham Mayoritas di BREN

Selain menguasai Grup Barito Pacific, Prajogo Pangestu juga diketahui menguasai 60,58% saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) melalui perusahaan investasinya, PT Reksa Griya Antam.

BREN sendiri adalah perusahaan energi terbarukan yang tengah gencar melakukan ekspansi bisnis. Sepanjang 2022, BREN berhasil mencetak kenaikan harga saham hingga 400%.

Pada satu titik, kapitalisasi pasar BREN sempat menjadi yang terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI), melampaui bank BCA. Tentu hal ini semakin memperkaya kekayaan Prajogo Pangestu.  

3. Investasi Strategis di Sejumlah Perusahaan Blue Chip

Selain mengendalikan grup usahanya sendiri, Prajogo Pangestu juga aktif berinvestasi di sejumlah perusahaan publik blue chip Indonesia lainnya.

Ia diketahui memiliki porsi saham cukup besar di beberapa emiten seperti:

  • PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) 
  • PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR)
  • PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD)

Investasi di sejumlah perusahaan tersebut tentu semakin menggemukkan kekayaan Prajogo Pangestu setiap tahunnya. Apalagi, sepanjang 2022 performa sebagian besar saham di pasar modal Indonesia cukup moncer.

Nah, itulah setidaknya 3 sumber utama kekayaan Prajogo Pangestu yang kini melambungkan total hartanya hingga USD 54,4 miliar atau setara Rp847 triliun lebih (kurs Rp15.500 per dollar).

Pantas saja jika kini pria kelahiran 1962 tersebut resmi disebut-sebut sebagai orang Indonesia terkaya di urutan pertama, bahkan terkaya ke-24 secara global menurut Majalah Bloomberg.

Kesimpulan

Demikian ulasan lengkap seputar profil, harta kekayaan, hingga perusahaan dan investasi Prajogo Pangestu yang kini mengantarkannya menjadi orang Indonesia terkaya pertama sekaligus orang terkaya ke-24 di dunia.

Beberapa poin kesimpulan yang bisa diambil antara lain:

  1. Prajogo Pangestu resmi menjadi orang Indonesia terkaya di posisi pertama dengan total kekayaan bersih mencapai USD 54,4 miliar.
  2. Ia menyalip sejumlah orang kaya global seperti CEO Binance, Bos Alibaba, hingga pewaris saham BMW.
  3. Sumber utama kekayaan Prajogo berasal dari saham di Grup Barito Pacific, BREN, serta investasi strategis di sejumlah perusahaan besar Indonesia. 
  4. Sepanjang 2022, nilai saham sejumlah perusahaan yang dikendalikan atau diinvestasikan Prajogo melonjak tajam hingga ratusan persen.
  5. Prajogo dikenal sebagai sosok pebisnis visioner dan filantropis meski terlahir dari keluarga konglomerat kaya raya.

Demikian ulasan mendalam mengenai profil dan aset kekayan Prajogo Pangestu yang sukses membawanya menjadi orang Indonesia terkaya saat ini. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca.

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya