... 7 Negara Penghasil Keju Terbaik di Dunia - Kalila Info

Search Suggest

7 Negara Penghasil Keju Terbaik di Dunia

7 negara dengan produksi keju terbaik di dunia meliputi Prancis, Amerika Serikat, Belanda, Italia, Inggris, Denmark, dan Swiss.
7 Negara Penghasil Keju Terbaik di Dunia

Kalilainfo.com - Keju adalah salah satu makanan olahan susu yang populer di dunia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut, membuat keju digemari oleh banyak orang. 

Tidak heran jika banyak negara yang memproduksi keju dalam jumlah besar. Ada berbagai jenis keju yang diproduksi di berbagai negara, mulai dari keju dengan rasa asin, manis, pedas, hingga perpaduan beberapa rasa sekaligus.

Berikut ini adalah 7 negara penghasil keju terenak dan terbaik di dunia:

1. Prancis

Kita pasti sudah tidak asing dengan keju-keju asal Prancis, seperti Camembert, Brie, Roquefort, dan lainnya. Negara yang terkenal dengan hidangan romantis ini adalah salah satu produsen keju terbesar di dunia.

Dengan lebih dari 400 varian keju, Prancis sangat kaya akan cita rasa keju. Proses pembuatan keju di Prancis pun dianggap yang paling otentik dan berkualitas. Beberapa keju andalan Prancis antara lain:

  • Camembert: keju dengan tekstur krim dan rasa agak asam yang khas. 
  • Brie: keju lunak dengan tekstur krim di bagian luar dan agak padat di bagian dalam. 
  • Roquefort: keju dengan urat-urat jamur biru yang memberikan rasanya yang kuat.
  • Comté: keju padat berwarna gading dengan rasa gurih dan sedikit asin.

Prancis juga dikenal dengan proses pematangan keju blue cheese (keju biru)-nya, yang diinfeksi dengan jamur Penicillium untuk menghasilkan rasa yang kuat. Inilah yang membuatnya mendapat julukan sebagai ibu kota keju dunia.

2. Amerika Serikat

Siapa sangka jika negara adidaya ini juga masuk dalam daftar pembuat keju terbaik. Setiap negara bagian di AS memiliki kekhasan masing-masing dalam memproduksi keju. Menjadikan keju AS sebagai yang paling beragam di dunia.

Wisconsin, California, Vermont, New York, dan Pennsylvania adalah 5 besar negara bagian penghasil keju di AS. Beberapa keju populer asal Amerika antara lain:

  • Cheddar: keju padat berwarna jingga dengan rasa asin dan sedikit pedas. Keju ini yang paling umum dijumpai di supermarket.
  • Monterey Jack: keju lembut berwarna putih gading dengan rasa asin dan sedikit manis. Biasa digunakan sebagai keju leleh.
  • Cream cheese: keju krim kental dengan rasa agak asam dan gurih. Biasanya digunakan untuk toping makanan.

Dari segi varian, keju Amerika mungkin tidak sebanyak Prancis. Namun dari segi inovasi, keju AS jauh lebih maju. Menjadikannya sebagai produsen dan eksportir keju terbesar di dunia.

3. Belanda

Meski ukurannya tidak besar, namun Belanda masuk menjadi negara keju nomor 3 terbaik di dunia. Berbagai jenis keju menjadi ikon negara Belanda, seperti Gouda, Edam, dan Leyden.

Ciri khas keju Belanda adalah rasa asin yang terkadang memiliki krysal mineral pada bagian dalamnya. Proses pematangannya pun khas dengan pewarna kuning telur untuk memberi kesan kekuningan pada tekstur kejunya.

Keju-keju Belanda juga sering dijadikan souvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke negara ini. Jadi tidak heran jika mereka menjadi produsen keju terbesar ke-3 di dunia.

4. Italia

Salah satu negara penghasil keju terbaik dunia selanjutnya adalah Italia. Negara yang kaya akan hidangan pasta dan pizza ini ternyata tak kalah jago dalam memproduksi keju lezat. 

Daerah seperti Toskana, Lombardi, Lazio, hingga Sardinia menjadi wilayah penghasil keju-keju kenamaan Italia. Beberapa yang terkenal adalah Parmesan, Mozarella, Ricotta, Provolone, hingga Gorgonzola.

Keju Italia sangat kaya tekstur dan juga cita rasa. Mulai dari krim lembut, padat, hingga rasa asam dan gurih. Tidak heran negara dengan julukan Bella Italia ini masuk sebagai pembuat keju nomor 4 terbaik dunia.

5. Inggris

Meski sedikit terkejut, Inggris masuk dalam daftar negara penghasil keju terbaik dunia. Negara dengan cuaca dingin dan wilayah pertaniannya yang subur, teryata juga mampu memproduksi keju-keju berkualitas.

Keju Cheddar adalah produk andalan Inggris. Keju padat berwarna jingga dengan tekstur agak rapuh ini sangat populer di dunia. Tidak heran jika Cheddar asli Inggris mendapat sertifikasi Uni Eropa dan dilindungi dari pemalsuan produk.

Jenis-jenis keju lain dari Inggris yang tak kalah lezat di antaranya Stilton, Lancashire, Cheshire, dan Wensleydale. Rasa asin dan pedasnya khas dengan tekstur yang padat namun lembut di bagian dalam.

6. Denmark

Di peringkat ke-6 ada Denmark yang juga cukup dikenal dengan produk kejunya. Hampir 2 juta ton keju diproduksi di Denmark setiap tahunnya. Jenis keju Danbo dan Samsoe sangat dikenal dan diekspor ke berbagai negara.  

Keju Denmark umumnya memiliki kadar lemak tinggi dengan rasa gurih dan asin. Teksturnya padat tapi tidak keras, mudah dipotong dengan pisau. Selain dimakan langsung, keju Denmark juga sering dijadikan olesan pada roti.

7. Swiss 

Terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah Swiss sebagai negara pembuat keju nomor 7 terbaik dunia. Wilayah pegunungan Alpen menjadikan local Swiss kaya akan susu sapi dan kambing sebagai bahan baku keju terbaik.

Beberapa keju ikonik Swiss yaitu Emmental, Gruyere, dan Appenzell. Ciri khas keju Swiss adalah lubang-lubang pada teksturnya, rasa manis agak asin, dan juga wangi khas susu alami.

Itulah ulasan lengkap mengenai 7 besar negara penghasil keju terbaik di dunia beserta keunggulan produk kejunya. Semua negara memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dalam memproduksi beragam jenis keju lezat nan melegenda.

Penutup

Demikian artikel seputar 7 negara penghasil keju terbaik di dunia dan keunggulan produk-produk kejunya. Semua negara tersebut memang layak menyandang predikat negara dengan keju terlezat.

Keju adalah makanan olahan susu yang digemari banyak orang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih, asin, asam, hingga manis, membuat keju sangat populer sebagai teman makan dan camilan.

Kini keju tidak hanya diproduksi secara tradisional, namun juga sudah banyak inovasi dan varian rasa baru yang diciptakan. Semakin memperkaya citarasa kenikmatan dari keju dunia ini.

Baca Juga

Posting Komentar

Harap berkomentar tidak mengganggu ya